Total Tayangan Halaman

Kamis, 07 April 2016

Teknik Pelaksanaan Core Drill Untuk Mengambil Sampel Perkerasan Jalan

?ِ?ْ?????????????????ِ ??ِ???َّ?ْ?َ?ِ ???َّ?ِ??

Teknik Pelaksanaan Core Drill Untuk Mengambil Sampel Perkerasan Jalan

Jalan merupakan sarana transportasi darat yang memiliki fungsi penting dalam penunjang kehidupan masyarakat. Karena memiliki fungsi yang sangat vital, peningkatan dan pemeliharaan jalan menjadi prioritas utama baik dari pemerintah pusat dan daerah untuk mewujudkan sarana transportasi yang aman, nyaman, dan berkualitas bagi masyarakat. Dalam setiap pembangunan jalan baik itu jalan arteri, kolektor, lokal serta lingkungan pastinya memiliki aturan atau perencanaan yang akan menjadi acuan bagi Kontraktor saat pekerjaan berlangsung misalnya lebar jalan rencana dan tebal perkerasan jalan yang akan dibuat. Dalam pelaksanaan di lapangan Kontraktor harus benar-benar mematuhi aturan perencanaan/spek pekerjaan yang telah disepakati. Dalam pekerjaan perkerasan jalan pihak kontraktor harus mengikuti ketebalan yang ada dalam gambar rencana agar tidak terjadi masalah saat proses pengujian ketebalan setelah pekerjaan selesai dilakukan.
Mengambil sample dari perkerasan jalan merupakan salah satu kegiatan yang pasti dilakukan oleh owner/pemilik proyek untuk mengetahui apakah pekerjaan yang dilakukan Kontraktor sudah sesuai dengan syarat teknis yang sudah disepakati. Untuk Menentukan/mengambil sample perkerasan di lapangan pemilik proyek secara umum menggunakan mesin core drill. Pemeriksaan menggunakan mesin core drill dilakukan untuk mengetahui secara tepat dan akurat susunan struktur dari suatu konstruksi jalan, jenis perkerasan, persentase susunan dan untuk memeriksa perubahan dari struktur jalan. Pemeriksaan menggunakan core drill dilakukan pada titik-titk yang sudah ditentukan, semakin banyak titik yang diperiksa, maka data yang didapatkan semakin akurat. 

Teknik Pelaksanaan Core Drill Untuk Mengambil Sampel Perkerasan Jalan
Teknik Pelaksanaan Core Drill Untuk Mengambil Sampel Perkerasan Jalan

Untuk anda para engineer, tentunya proses pelaksanaan pemeriksaan perkerasan jalan ini sangat penting untuk diketahui termasuk bagaimana proses pengambilan sample ini dilakukan dan alat yang digunakan saat pemeriksaan. Kesempatan kali ini penulis akan berbagi bagaimana proses Pelaksanaan Core Drill dari persiapan sampai pengambilan sample. 

Alat yang digunakan :
  1. Mesin Core Drill,
  2. Selang air dan pompa, 
  3. Tabung gas.
Teknik Pelaksanaan :
  1. Mesin Core Drill diletakkan diatas perkerasan pada titik yang ingin diuji dengan posisi tegak lurus terhadap bidang datar.
  2. Siapkan air yang menggunakan sistem pompa.
  3. Selang air dimasukkan kedalam lubang kecil yang ada diatas Core Drill, sehingga air bisa dialirkan dengan cara dipompa. Air berfungsi untuk memberikan kemudahan mata bor saat melakukan pengeboran dan membuat mata bor lebih awet/tidak mudah rusak.
  4. Nyalakan mesin Core Drill.
  5. Setelah mesin menyala turunkan mata bor secara perlahan dengan memutar stang yang terletak di bagian atas mesin Core Drill, guna untuk menurunkan mata bor secara perlahan-lahan hingga mengebor perkerasan pada titik yang sudah ditentukan.
  6. Setelah perkerasan dibor pada kedalaman rencana, kemudian putar stang dengan arah yang berlawanan untuk menaikkan kembali mata bor.
  7. Ambil hasil dari pengeboran tersebut dengan menggunakan penjepit.
  8. Setelah sample diambil, akan terlihat perbedaan lapisan secara visual kemudian catat data sampel (dimensi dan ketebalannya).
  9. Penutupan kembali lubang corring dengan aspal. Pemanasan aspal kering dengan menggunakan api yang bersumber dari tabung gas.
  10. Sample di bawa untuk pengujian laboratorium.
Demikian yang dapat Rajashared bagikan untuk anda sahabat engineering, semoga Teknik Pelaksanaan Core Drill Untuk Mengambil Sampel Perkerasan Jalan ini dapat bermanfaat dan nantikan artikel menarik lainnya. 
??ْ?َ?ْ?ُ ?ِ?َّ?ِ ?َ?ِّ ??ْ?َٰ?َ?ِ??

Artikel Terkait

0 komentar

Posting Komentar

Cancel Reply
Share It