Total Tayangan Halaman

Jumat, 25 Maret 2016

Subhanallah,,ternyata masih ada Alquran Tertua di Dunia dari Masa Nabi Muhammad saw,,di temukan di Inggris

?ِ?ْ?????????????????ِ ??ِ???َّ?ْ?َ?ِ ???َّ?ِ??

Sudah seabad lamanya manuskrip berhuruf Arab tersimpan di perpustakaan University of Birmingham, Inggris. Naskah kuno -- yang ternyata yaitu sisi dari Alquran -- itu awalannya sama sekali tidak diakui keberadaannya.




Naskah kuno itu adalah sisi dari Mingana Collection, yang terdiri atas 3. 000 dokumen dari Timur Tengah yang dihimpun oleh Alphonse Mingana, seseorang Imam Kasdim (Chaldeans) yang lahir dekat Mosul, Irak pada 1920-an.

Upayanya mengumpulkan naskah-naskah kuno di Timur Tengah disponsori oleh Edward Cadbury -- jutawan yang menjadi sisi dari dinasti pembuat cokelat terkenal dunia.

Sampai satu hari, seorang peneliti doktoral atau PhD meneliti lebih dekat laman-laman dalam manuskrip itu, ia mengambil keputusan untuk lakukan uji penanggalan radiokarbon (radiocarbon dating). Tidak dinyana, akhirnya sangat mencengangkan.

Uji penanggalan radiokarbon membuka, naskah kuno itu sekurang-kurangnya berumur 1. 370 th., membuatnya salah satu Alquran versus paling awal. Manuskrip itu ditulis dengan huruf Hijazi -- versus awal huruf Arab.







Naskah Alquran tertua didunia ditemukan di University of Birmingham (BBC)
Ahli dari Perpustakaan Inggris atau British Library, Dr Muhammad Isa Waley mengatakan, temuan menarik itu pastinya akan bikin umat Muslim, " bersukacita ".

Direktur koleksi spesial University of Birmingham, Susan Worrall menyampaikan, beberapa peneliti sekalipun tidak mengira umur naskah Alquran itu demikian sepuh. Bahkan 'dalam yang diimpikan terliar' mereka sekalipun.

 " Tahu kalau kami memiliki satu diantara fragmen Alquran tertua di muka Bumi, rasa-rasanya sungguh luar biasa, " kata dia seperti dimuat BBC, Rabu (22/7/2015).

Uji radiokarbon, yang dilakukan Oxford University Radiocarbon Accelerator Unit menguak, fragmen -- yang ditulis diatas lembaran kulit domba atau sapi, yaitu satu diantara teks tertua Alquran yang selamat dari pergantian zaman.

Hasil tes itu menyarankan beberapa peluang, yang menunjukkan probabilitas 95 % kalau perkamen itu datang dari saat 568 serta 645 Masehi.

Uji radiokarbon memanglah menghasilkan beragam peluang umur, yang tumpang tindih. Jadi, tidak mungkin untuk mengklaim kalau naskah itu yaitu yang tertua di dunia. Tetapi, penanggalan Alquran koleksi University of Birmingham -- 645 -- membuatnya jadi satu diantara yang paling kuno.

 " Naskah itu bikin kita lakukan napak tilas ke bebrapa saat awal berdirinya agama Islam, " kata David Thomas, dosen pengetahuan tentang Kristen serta Islam di University of Birmingham.

 " Menurut keyakinan Muslim, Nabi Muhammad terima wahyu yang lalu dibukukan dalam Alquran, pada th. 610 dan 632 -- saat beliau
meninggal dunia. "

Alquran dari Masa Nabi Muhammad?

Profesor Thomas menyampaikan, berdasar pada data penanggalan radiokarbon, bisa saja orang yang menulis naskah itu hidup di saat yang sama juga dengan Rasulullah.

 " Sosok yang menulis naskah itu mungkin mengetahui sosok Nabi Muhammad. Ia mungkin saja berjumpa dengan Sang Rasul, mungkin saja juga mendengar segera syiarnya. Penulis itu mungkin saja mengetahui sosok Nabi dengan cara pribadi, " kata dia.

Sang profesor memberikan, di saat itu, beberapa ayat-ayat Alquran ditulis di perkamen, batu, daun lontar, serta tulang belikat unta, sampai akhirnya dibukukan dalam versi final yang rampung disusun pada th. 650 Masehi.



 " Bagian-bagian dari Alquran yang ditulis dalam perkamen itu bisa jadi -- dengan tingkat keyakinan spesifik -- berasal dari saat kurang dari 2 dekade sesudah meninggal dunianya Nabi Muhammad.

 " Bagian-bagian itu dalam formasi yang begitu dekat dengan bentuk Alquran saat ini. Hal semacam itu mendukung keyakinan kalau kitab suci itu alami pergantian sedikit, bahkan tidak ada sekalipun, " lebih Thomas.

Sementara itu, Dr Muhammad Isa Waley, kurator naskah sama di British Library menyampaikan, " naskah 2 lembar itu, yang ditulis tangan dengan huruf Hijazi yang indah, nyaris dapat dipastikan berasal dari saat 3 khalifah : Abu Bakar, Umar bin Khatab, serta Usman bin Affan. " Pada th. 632 serta 656.

Dr Waley menambahkan, dibawah kepemimpinan khalifah Usman bin Affan, salinan Alquran mulai didistribusikan. Tidak semua ditulis dalam lembaran kulit hewan yang awet.

 " Masyarakat Muslim saat itu tidak cukup dapat untuk menyediakan tumpukan kulit hewan untuk di buat jadi kopian Alquran dalam jumlah besar, " kata dia.

Ia berpendapat, manuskrip yang ditemukan University of Birmingham yaitu 'salinan bernilai yang selamat' dari saat itu. Atau dapat pula lebih awal.

 " Dalam banyak hal, dengan keindahan isi serta tulisan Hijazi, yang dengan cara mengejutkan masihlah terang terbaca, itu yaitu kabar baik yang bikin Umat Muslim bersuka cita. "

Tidak cuma beberapa ilmuwan yang bersuka ria, komunitas Muslim Inggris setempat juga mengaku bahagia. Terlebih, pihak kampus menyampaikan, naskah kuno itu bakal dipamerkan untuk umum.


Naskah Alquran tertua didunia diketemukan di University of Birmingham (BBC)

 " Saat lihat naskah itu, hatiku tergetar. Air mata kebahagiaan dari emosi jiwa yang meluap tergenang di mataku. Saya yakin, semua orang di semua Inggris akan tiba ke Birmingham untuk menyaksikannya, " kata Muhammad Afzal, pemimpin Birmingham Central Mosque.

Disamping itu, Profesor Thomas mengatakan, pihaknya bakal tunjukkan pada beberapa orang di Birmingham kalau mereka mempunyai " harta yang tak ada duanya ". Satu Alquran yang mungkin jadi yang tertua yang pernah diketemukan hingga sekarang ini.
[gotopublik]
??ْ?َ?ْ?ُ ?ِ?َّ?ِ ?َ?ِّ ??ْ?َٰ?َ?ِ??

Artikel Terkait

0 komentar

Posting Komentar

Cancel Reply
Share It